08 June 2011

De Javu

Good night people, bertemu lagi dengan saya (sapa gue, gak kenal) tukang sapu blog ini yang sedang menderita batuk-batuk ¬_¬, hehe kali ini mau posting yang ringan ringan sajalah. lets't write.

Ohh iya, pernah dengan istilah de javu gak, bukan de java yak. itu loh fenomena di mana suatu peristiwa hari ini seperti sudah pernah terjadi kepada kita, sudah pernah kita alami sebelumnya, dan gue juga pernah merasakan hal ini, malah mungkin terbilang sering, sebagai contoh waktu itu gue lagi ngumpul sama sama temen, becandaan, berenang di swimingpool dan aneh nya gue bilang, kok sepertinya gue pernah ngalamin ini yak, dan satu temen gue juga bilang sama. haha aneh memang. pernah juga, pergi ketempat yang belum pernah gue kunjungi dan gue merasa pernah ke tempat itu, aneh ! fenomena apa sebenarnya ini ?

Déjà vu adalah sebuah frasa Perancis dan artinya secara harafiah adalah "pernah lihat". Maksudnya mengalami sesuatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dari bahasa Yunani para yang artinya adalah "sejajar" dan mnimi "ingatan". Menurut para pakar, setidaknya 70% penduduk bumi pernah mengalami fenomena ini.

Sedikit menghayal dengan kejadian ini, "andai aku tahu lebih cepat" fenomena de javu ini mungkin mirip orang yang punya indra ke-6 kali yak, andai gue lebih tau jawaban yang benar soal UAS nanti, andai gue lebih dulu tau siapa yang menang futsal nanti, dan andai gue lebih dulu tau siapa yang jadi pemenang juara Liga Champion 2011 antara BARCA sama MU pekan lalu (gue kalah tarohan bakso ama temen gue :( )  haha sudahlah.

Sebenarnya fenomena de javu ini setiap orang mungkin pernah mengalaminya, sebuah perasaan aneh yang mengatakan bahwa peristiwa baru yang sedang kita rasakan sebenarnya pernah kita alami jauh sebelumnya. Peristiwa ini bisa berupa sebuah tempat baru yang sedang dikunjungi, percakapan yang sedang dilakukan, atau sebuah acara TV yang sedang ditonton. Lebih anehnya lagi, kita juga seringkali tidak mampu untuk dapat benar-benar mengingat kapan dan bagaimana pengalaman sebelumnya itu terjadi secara rinci. Yang kita tahu hanyalah adanya sensasi misterius yang membuat kita tidak merasa asing dengan peristiwa baru itu.

dan fennomena ini juga sering di kaitkan dengan teori metafisis, beberapa pendapat mengatakan kalau de javu adalah iwa kita dalam salah satu kehidupan reinkarnasi sebelumnya di masa lampau. Bagaimana penjelasan ilmu psikologi sendiri? Pada awalnya, beberapa ilmuwan beranggapan bahwa deja vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu daripada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain, sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat. Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” ini dipatahkan ketika pada bulan Desember tahun lalu ditemukan bahwa orang butapun bisa mengalami deja vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.

Bagaimana, apakah kamu juga pernah mengalami fenomena tersebut ? share ke sini, sapa tau punya fenomena de javu yang keren, atau extreme kali. hehe :D udah ah, 15 menit lagi mau footsal ma temen. bye :)

21 comments:

  1. ya elaaaah dhan aku udah nulis buaaanyak lah kok pas mau tak publish komennya ada tulisan 'pengeditan bentrok waktunya' :(

    pokoknya intinya aku pernah banget ngalamin De Javu dhan :p

    ReplyDelete
  2. @te yen: haha bener ituh, lain yaa yang de javu nya seorang blogger, pasti gak jauh dari posting, atau gak BW. haha :D atau mbag yen yang lagi kena amnesia dadakan, hanya tuhan yang tau.. :D

    ReplyDelete
  3. hiyaaaahaha, malah ngatain orang tua pikun lagi.. :p

    ReplyDelete
  4. @mba yen: haha ampuuunnnn .. tolong kutuk aku jadi kaya yak. ! hahah :D

    ReplyDelete
  5. loh?? ga mau jadi kaya ya?? wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Wah, aku deja vu, prasaan prnah mampir kesini, hahaha

    ReplyDelete
  7. @mba yen: mau donk, makanya minta kutuk jadi kaya. haha cepetan ! :D

    @brainless: gak kok ini nyata bung ! :D haha

    ReplyDelete
  8. oh ternyata itu artinya ya kang... kirain de javu = "tukang sapu blog" (heheh)

    ReplyDelete
  9. de javu ada kebalikannya ya, tapi saya lupa istilahnya apa....

    ReplyDelete
  10. salam kenal, tadi saya baca profilnya anak singkawang ya?

    saya pikir akan menemukan bahasa yang melayu yang sangat saya kenal

    rupanya salah


    hahahhaa

    nemunya ya kata 'gue' lagi...

    wkkwkwkwkw

    saya dari Pontianak

    tapi aslinya dari Jawai...

    tahu jawai kan?

    ReplyDelete
  11. seumur idup gak pernah dejavu, hehe..

    ReplyDelete
  12. @pri cibum: tukang cuci piring juga bisa mas.. :D

    @joe: ada kebalikan nya mas, ntar googling lagi deh.. :D

    @honeylizious: HOREE ! ketemu blogger 1 kota lagi. haha
    soal bahasa yang di gunakan, mungkin random yah, di posting saya mah bahasa sunda, melayu, bahasa anak gahool, bahasa anak alay juga ada di sini.
    haha but itu tergantung dari apa yang mau saya tulis mah, kalo enak nya pakai aku kamu, saya tulis, kalo enaknya pakai lhoo gue saya tulis juga mbag, tergantung mah :) :D

    @mas yudi: yang bener mas, haha ? :D

    ReplyDelete
  13. oh begindang...

    hahahha

    berharapnye sih ade yang pakai bahase kitte...

    you know me so well lahhh...

    ReplyDelete
  14. oalaaaah aku yang salah baca dhan, aku kira kamu nulis 'jangan kutuk aku jd kaya ya', hahaha
    maklum mata tua dhan.wkwkwkwk :p

    ReplyDelete
  15. dejavu? sering banget ngalamin.. tapi nggak akan pernah sadar sebelum pada akhirnya mengalami sendiri..

    katanya sih kalo keseringan, ada tanda2 penyakit ayan.. *ngeri ih

    itu katanyaa looo

    ReplyDelete
  16. Narsis sedikit juga tidak apa2...kan di blog sendiri :)

    ReplyDelete
  17. sering sih ngalamin, tapi dejavunya lewat mimpi, kalo mimpiin apa, terus suatu hari ke tempat yang ada di mimpi.. langsung jadi ketar ketir, soalnya yang ada dalam mimpi lanjutannya suka ngaco-ngaco huhu..

    ReplyDelete
  18. hmm kyknya kau juga udah pernah ngalamin dejavu...

    ReplyDelete
  19. @Honeylizious: oke oke, ntar kite bikin pakai bahase kite ii.. biar tekejut semue nye, minimal migren lah yang bace.. haha

    @mbag yen: tumben ngaku tua... hahaha :D ampun ndoro..

    @gephe: hah ayan, baru tau juga.. perlu di selidiki.. hmm

    @f4dly: hahaha ngakak :D

    @audrey: berarti anda butuh sedikit kopi.. #eh #gaknyambung

    @affie: haha sama dong kita :tosh

    ReplyDelete