14 February 2011

Jazz And AXIS Big Event

Hallo Teman-teman, apa kabar ? :)
Kali ini saya akan menulis sehubungan dengan Blog Competition "AXIS Road To Java Jazz" tentang satu Big Event yang sayang kalau teman-teman lewatin yaitu tentang AXIS Jakarta International Java Jazz Festival 2011 "Harmony Under One Nation in Remarkable Indonesia". Pasti udah pada dengar donk Big Event AXIS yang satu ini. setiap tahun sepertinya gak pernah absen untuk mengadakan Festival Java Jazz dan kini telah memasuki tahun ke Tujuhnya.



Siapa yang tidak tau music yang satu ini, musik perpaduan antara gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon, serta alunan musik yang lembut. yeah itulah jazz musik yang mempunyai harmoni musik yang menarik membuat yang mendengar musik ini jadi ikut terhanyut dalam alunan musiknya.
Jazz, sebenarnya apasih itu jazz. menurut beberapa sumber yang saya kutip saya mendapatkan beberapa penjelasan, di antaranya:

Wikipedia
Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Berendt
Jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa", ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan "khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai 'ayunan' "," sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi memainkan peran ", dan" kemerduan dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz melakukan ".

Travis Jackson
Jazz adalah musik yang mencakup kualitas seperti "berayun ', improvisasi, interaksi kelompok, mengembangkan sebuah" suara individu, dan menjadi 'terbuka' untuk kemungkinan musik yang berbeda

Krin Gabbard
Mengklaim bahwa" jazz adalah membangun "atau kategori yang, sementara buatan, masih berguna untuk menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum harus dipahami sebagai bagian dari sebuah tradisi yang koheren "

Yeah, memang banyak pendapat tentang jazz. semua boleh berpendapat semua boleh beropini :)

Selain itu ada banyak jenis aliran music jazz di dunia ini, salah satunya adalah:
New Orleans jazz, adalah suatu genre musik jazz. Sering disebut sebagai Early Jazz (Jazz Awal), karakter genre ini adalah memakai improvisasi kolektif serta permainannya yang emosional.

Big-band/swing, adalah sebuah bentuk ansambel musik yang memainkan musik jazz dan yang menjadi populer pada Era Swing dari 1935 hingga akhir 1940-an. Big band biasanya terdiri atas 12 hingga 19 pemain musik dan menggunakan alat-alat musik saksofon, trompet, trombon, dan sebuah seksi ritme.

Bebop, Menurut beberapa sumber yang relevan, Bop adalah sebuah type dari breakdance, yang dibuat oleh Keneth Bob Mill's. Bop dansa bentuk baru, mengkombinasikan pergerakan lengan/tangan yang smooth (ex "robot") dan koordinsi yang skillfully dengan gerakan kaki.

Kansas Style, Aliran ini lahir pada masa The Great Depression sekitar tahun 1920-an dan 1930-an di kota Kansas, USA. Karakteristiknya adalah gaya yang sangat soulful dan blues. Tokohnya antara lain Charlie Parker.

Ada juga aliran music jazz Ragtime, Free jazz, Smooth jazz, Fusion jazz, Funk, Acid jazz, Hot Jazz, Gypsy Jazz, Mainstream, Vocalese, Cool, Hard Bop, Bossa Nova, Free Jazz, Soul Jazz, Groove, Fusion, dan mungkin masih banyak lagi aliran music jazz di dunia ini

Baiklah kembali ke laptop (tukul mode:on), Setelah kita mengetahui sedikit tentang jazz, sekarang kita kembali ngomongin soal Big Event nya AXIS Jakarta International Java Jazz Festival, kali ini big event AXIS mengusung tema "Harmony Under One Nation in Remarkable Indonesia".Apa maksud dari tema yang di usung ini. Menurut ketua penyelenggara Java Jazz 2011, Dewi Gontha, pengambilan tajuk sengaja dilakukan lantaran disesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini terutama tanah air yang kian kondusif.

"Kita mengangkat tema ini bukan hanya Indonesia tetapi semua yang ada di bawah festival ini. Musisi dan penggemar bisa kumpul seraya menikmati musik tanpa masalah. Jadi tak seperti digambarkan berita di luar sana," ujarnya saat press conference di kawasan Senayan, Jakarta.

"Konsep acaranya tidak berbeda dari tahun sebelumnya, namun pasti ada banyak perbaikan sehingga  penonton lebih nyaman ketika melihat aksi panggung mereka," kata Dewi. [lyz/officialwebJavaJazz]

Ngomongin soal artis yang bakalan datang di AXIS Jakarta International Java Jazz Festival 2011 ini banyak banget artis artis terkenal dunia bakalan banyak yang ngumpul nih di big event ini. mau tau siapa saya yang ikut. yuk intip sedikit :D

Yang pertama itu Santana, artis kelahiran mexico ini sepertinya artis yang paling di tunggu" selain permainan gitar yang menawan, dan banyak juga lagu yang menjadi hits dari santana, salah satunya yang paling sering saya dengar itu yang judulnya Smooth (feat. Rob Thomas). keren deh pokoknya kalo penasaran, check aja di youtube, keren deh main Gitarnya.

Kemudian ada George Benson, pemenang Grammy Award untuk musisi amerika. ops ternyata George Bonson sering lho tampil dan manggung di indonesia.

Selanjutnya Kenny Loggins yang juga akan tampil di big event ini. beliau juga banyak sekali menciptakan lagu yang hits sampai sekarang. Salah satu lagu yang banyak di index google adalah "for the first time" 

Dan banyak artis terkenal yang ikut meramaikan event ini di antaranya
Ron King Big Band, Fourplay, Maurice Brown, Charlie Daden Quartet West, Sondre Lerche, Corinne Bailey Rae, Acoustic Alchemy, Omar Hakim feat. Chieli Minucci, Steve Smith & Vital Information feat. Vinny valentino, Zap Mama, Maurice Brown, Rhoda Scott, Joey DeFrancesco, Jose James, George Benson,Tribute To Nat King Cole,  George Duke Electric Band, Afro-Cuban All Stars, Kirk Whalum, Roy Hargrove Quintet, Rasmus Faber & Rafa Orchestra, Jose James, Fourplay, Robert Glasper Experience feat. Roy Ayers & Pete Rock, Kenny Loggins and many more… 

Selain artis luar negeri,  AXIS Jakarta International Java Jazz Festival 2011 juga ikut menampilkan artis dalam negeri sekelas Andien, Iwan Hasan, Indra Lesmana, Barry Likumahua, Sandy Winartajuga dan banyak lagi artis lokal yang ikut meramaikan. Bagaimana ? keren gak ? :D

AXIS Jakarta International Java Jazz Festival 2011 akan di adakan pada tanggal 4, 5, dan 6 pada bulan Meret nanti. Jangan sampai kehabisan tiket lho, Soalnya ini adalah Event Kelas Dunia, dan banyak bule luar negri yang bakalan datang.

Untuk pembelian tiket dapat di cek di http://www.javajazzfestival.com/2011/ticketprice.php dan kalo yang mau dapat Diskon :D dapat di check disini. Ikuti juga Twitter @AXISJavaJazz dan @AXISgsm untuk keterangan lanjut. 

"Jazz is Music That Has Many Colors, Enjoy :)"

No comments:

Post a Comment